Jumat, 22 November 2019





Unilever Indonesia merupakan suatu perusahaan yang didirikan pada tanggal 5 Desember 1933, Unilever Indonesia telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) terkemuka di Indonesia.  Unilever telah menemani masyarakat Indonesia melalui produk dari berbagai kategori, seperti Pepsodent, Lux, Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline, Rinso, Molto, Sunlight, Wall’s, Royco, Bango, dan masih banyak lagi.



Unilever telah menemani keseharian masyarakat Indonesia selama lebih dari 85 tahun. Unilever ingin keberadaannya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, serta membantu menjadi solusi dalam mengatasi tantangan yang dihadapi Indonesia, seperti kemiskinan, kesehatan, nutrisi, sumber daya berkelanjutan, pengelolaan limbah, serta perubahan iklim.




Unilever Indonesia pertama kali didirikan pada 5 Desember 1933 dengan nama “Lever’s Zeepfabrieken N.V.” yang bertempat di daerah Angke, Jakarta Utara berdasarkan akta No. 23 dari Mr. A.H. van Ophuijsen, notaris di Batavia. Akta ini disetujui oleh Jenderal Geoual van Nederlandsch-Indie berdasarkan surat No. 14 pada 16 Desember 1933, terdaftar di Raad van Justitie di Batavia dengan No. 302 pada 22 Desember 1933 dan diterbitkan dalam Javasche Courant pada 9 Januari 1934. Tambahan No 3.

Pada 22 Juli 1980, perusahaan berganti nama menjadi “PT Unilever Indonesia” dengan akta No. 171 dari notaris Ny. Kartini Muljadi SH. Perubahan nama pun kembali terjadi pada 30 Juni 1997 menjadi “PT Unilever Indonesia Tbk” dengan akta No. 92 notaris publik Bp. Mudofir Hadi SH. Akta ini disetujui oleh Menteri Kehakiman dengan surat keputusan No.C2-1.049HT.01.04 TH.98 tanggal 23 Februari 1998 dan diumumkan dalam Berita Negara No. 2620 tanggal 15 Mei 1998, Tambahan No. 39.


Visi Kami
Untuk meraih rasa cinta dan penghargaan dari Indonesia dengan menyentuh kehidupan setiap orang Indonesia setiap harinya.


Misi Kami

·    Kami bekerja untuk menciptakan masa depan yang lebih baik setiap hari.
·   Kami membantu konsumen merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati hidup melalui brand dan layanan yang baik bagi mereka dan orang lain.
·   Kami menginspirasi masyarakat untuk melakukan langkah kecil setiap harinya yang bila digabungkan bisa mewujudkan perubahan besar bagi dunia.
·    Kami senantiasa mengembangkan cara baru dalam berbisnis yang memungkinkan kami tumbuh dua kali lipat sambal mengurangi dampak terhadap lingkungan, dan meningkatkan dampak sosial.




TUJUAN

Unilever menerapkan standar perilaku yang ditetapkan perusahaan pada saat Unilever berhubungan dengan setiap mitra yang bekerja sama dengan Unilever, masyarakat yang terlibat dalam bisnis dan kegiatan Unilever, maupun lingkungan sekitarnya.


Selalu bekerja dengan integritas

Unilever melakukan bisnis dengan berpegang kepada integritas dan rasa hormat terhadap semua orang, organisasi, dan lingkungan yang terlibat dengan bisnisnya.
Dampak positif
Unilever bertujuan untuk memberikan manfaat positif bagi masyarakat baik melalui brand Unilever, kegiatannya.

Komitmen yang terus-menerus

Unilever juga selalu berkomitmen untuk mengurangi dampak lingkungan yang ditimbukkan dari bisnisnya. Unilever juga terus berusaha mencapai tujuan jangka panjang Unilever untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan.


Menetapkan aspirasi

Unilever ingin memberikan aspirasi kepada masyarakat pada saat Unilever menjalankan bisnis. Hal ini sejalan dengan Kode Etik Prinsip Bisnis Unilever yang mengatur standar operasional Unilever yang harus dipatuhi oleh semua orang di Unilever. Kode etik ini juga mendukung pendekatan kami terhadap tata kelola dan tanggung jawab perusahaan.  

Bekerja sama dengan orang lain

Unilever memiliki sebelas prinsip dalam Kode Etik Bisnis kami yang mencakup integritas dan tanggung jawab bisnis terkait karyawan, konsumen, dan lingkungan. Dan Unilever hanya mau bekerja sama dengan pemasok yang memiliki Kode Etik yang selaras dengan Kode Etik Prinsip Bisnis Unilever.




       1.  HEMANT BAKSHI
Presiden Direktur Unilever Indonesia
Hemant Bakshi diangkat sebagai Presiden Direktur Unilever Indonesia pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tanggal 27 November 2014 dan efektif meduduki jabatanya pada 1 Desember 2014.
          2. VIKRAM KUMARASWAMY
Direktur Finance
Vikram Kumaraswamy diangkat sebagai Direktur Keuangan atau Chief Finacial Officer sejak 1 Juli 2018 pada Rapat Pemegang Saham Tahunan pada tanggal 23 Mei 2018 untuk periode 2018-2020.
3. WILLY SAELAN
Direktur Human Resources
Willy Saelan diangkat sebagai Direktur Human Resources sejak 1 Januari 2016 oleh Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada tanggal 15 Desember 2015.
4. ENNY HARTATI SAMPURNO
Direktur Customer Development
Enny Hartati Sampurno diangkat sebagai Direktur sejak Rapat Umum Pemegang Saham Luar biasa pada 8 Desember 2011. Sejak Januari 2016, beliau menjabat sebagai Direktur Customer Development.
5.  HERNIE RAHARJA
Direktur Foods
Hernie Raharja diangkat sebagai Direktur Foods sejak 1 September 2016 oleh Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada tanggal 30 Agustus 2016.
6.  AMPARO CHEUNG ASWIN
Direktur Supply Chain
Amparo Cheung Aswin ditunjuk sebagai Direktur pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tanggal 15 Desember 2015 dan efektif menjabat sebagai Direktut Supply Chain sejak 1 Januari 2016.
7. IRA NOVIARTI
Direktur Personal Care
Ira Noviarti diangkat sebagai Direktur oleh Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 18 Oktober 2017 sebagai Direktur Personal Care.
8. JOCHANAN SENF
Direktur Refreshment
Jochanan ditunjuk sebagai Direktur Refreshment Unilever Indonesia pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa yang diadakan tanggal 27 April 2017.
9. SANCOYO ANTARIKSO
Direktur Governance and Corporate Affairs & Sekretaris Perusahaan
Sancoyo Antarikso diangkat sebagai Direktur pada Rapat Umum Pemegang Saham tanggal 29 Mei 2012. Sejak Januari 2010, Ia juga tengah menjabat sebagai Sekretasi Perusahaan. Kini, ia menjabar sebagai Governance and Corporate Affairs Director & Corporate Secretary.
10. VERONIKA UTAMI
Direktur Home Care
Veronika Utami diangkat sebagai Direktur pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan tanggal 21 Mei 2019 dan ditunjuk sebagai Direktur Home Care.
11SRI WIDOWATI
Direktur Digital Transformasion
Sri Widowati diangkat sebagai Direktur pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan tanggal 21 Mei 2019 dan ditunjuk sebagai Direktur Digital Transformation.



Berdasarkan Anggaran Dasar Unilever Indonesia, pembayaran dividen interim dapat ditetapkan dalam rapat Direksi untuk kemudian bersama-sama dengan dividen final disahkan dalam RUPS Tahunan. Dalam delapan tahun terakhir pemegang saham melalui RUPS tahunan memutuskan untuk membagikan dividen tunai sebesar 100% dari laba bersih. Dan pemegang saham terbesar yaitu oleh perusahaan yang lebih besar dibandingkan dengan saham masyarakat.


Lebih dari 40 brand Unilever telah setia menemani masyarakat Indonesia dari berbagi macam kategori. Brand Unilever juga memiliki tujuan mulia (purpose) untuk selalu berupaya untuk mengurangi jejak lingkungan dan manfaat positif bagi masyarakat.



Ø  Strengths (Kekuatan)
PT Unilever gencar di misi sosial, sehingga kedekatan dengan konsumen dapat terus terjaga. Hal ini terlihat dari pembelanjaan iklan dan promosi yang telah mendorong pertumbuhan penjualan di tengah pasar yang kompetitif. PT Unilever Indonesia sebagai salah satu perusahaan dengan belanja iklan terbesar menurut majalah marketing (top Brand Survey, edisi khusus 2007).
PT unilever mempunyai moto “operational excellent with no compromise on quality”. Unilever dalam menjalankan operasinya dijalankan dengan baik tanpa mengabaikan kualitas produk.

Ø  Kelemahan (Weaknesses)
PT Unilever memiliki struktur matriks, yang terdapat beberapa tantangan yang mesti dihadapi perusahaan yaitu pertama, sulitnya koordinasi kegiatan antar departemen yang mempunyai agenda dan jadwal sendiri-sendiri. Kedua,ko munikasi pada karyawan yang bisa menerima pesan yang berbeda-beda.Dan ketiga, resolusi konflik antara inisiatif dari dukungan departemen (SDM, keuangan, dan lain-lain) dengan departemen lini produk yang biasanya sangat berorientasi komersial.

Ø  Kesempatan (Opportunities)
Stabilitas ekonomi yang relatif baik dengan pertumbuhan yang menggembirakan bagi ekonomi Indonesia sebesar 6.3%.
Tinggi dan stabilnya tingkat kesetiaan masyarakat atas produk consumer goods 83 %.

Ø  Ancaman (Threats)
Adanya kenaikan biaya bahan baku dan bahan kemasan seperti minyak kelapa sawit, gula kelapa, dan bahan berbahan dasar petroleum yang disebabkan oleh kenaikan harga minyak, bahan kimia dan komoditas lainnya.


Edukasi gerakan cuci tangan yang dilakukan Lifebuoy dalam memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia 2018. Melalui gerakan 'Gabung Aksi Indonesia Merdeka dari Kuman' yang sudah dilakukan setiap tahun sejak 2011, Lifebuoy berkomitmen menyebarluaskan edukasi mengenai pentingnya kebiasaan cuci tangan pakai sabun (CPTS). Kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari komitmen Lifebuoy untuk menjadi mitra pemerintah dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).
Melalui cara ini, masyarakat tidak hanya dapat melindungi kesehatan keluarga, tapi juga melindungi lebih banyak anak Indonesia dari bahaya kuman penyebab infeksi. Melalui #GabungAksiCuciTangan, Lifebuoy mengajak seluruh masyarakat Indonesia bergabung dalam gerakan ini untuk Indonesia yang lebih sehat, sejahtera, dan merdeka dari kuman penyebab infeksi.



Pepsodent mencanangkan Gerakan 21 Hari Sikat Gigi dengan melibatkan siswa-siswi dari 225 sekolah dasar. Gerakan yang sekaligus juga memperingati Hari Kesehatan Gigi Dunia ini, bertujuan mengubah perilaku anak dalam hal menyikat gigi. Program yang sudah berlangsung sejak 2013 ini juga mengajak siswa untuk melakukan aktivitas menyikat gigi bersama dengan kedua orang tua di rumahnya masing-masing.
Hari Kesehatan Gigi Sedunia mengambil tema “Smile for Life”, bertujuan mengingatkan kita semua untuk memperhatikan dampak positif dari menjaga kesehatan gigi dan mulut dalam jangka panjang yang mempengaruhi kualitas hidup saat ini dan masa depan. Senyum menyiratkan kepercayaan diri dan perasaan senang seseorang, karena orang hanya tersenyum jika mereka bahagia dan memiliki kehidupan yang sehat.




0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Blogroll

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Mengenai Saya

Mengenai Saya

About

Times

Popular Posts